Moving Average

Moving Average


MA adalah salah satu indikator yang mempunyai peranan sebagai penunjuk pergerakan rata-rata nilai harga dalam trading. Ada 4 jenis metode MA, yaitu simple, exponetial, smoothed dan linear weighted.

Dalam trading selama ini, saya menggunakan exponential karena lebih cepat merespon pergerakan harga, tetapi bukan sebagai acuan mutlak karena exponential moving average pun memiliki kelemahan seperti saat harga bergerak menyentuh MA tersebut, kita langsung menyimpulkan bahwa harga akan berbalik arah, padahal belum tentu. Bisa saja harga menembus MA tersebut di karenakan market sudah membentuk scenario tertentu.

Selama saya melakukan aktivitas trading, MA memiliki peranan penting sebagai bagian dari analisa dan penentu untuk trading (open position) selain candle dan RSI. Adapun periode yang dipakai yaitu 12, 50, 100, 260 dan 500 dengan aplikasi close candle.

Jika kita menganalisa atau  review ke belakang, candle akan berposisi atau dekat dengan MA baik itu MA 12, MA 50, MA 100, MA 260 atau MA 500. Harga / candle bisa berbalik arah ataupun melanjutkan trend.

Catatan :
1.    analisa MA hanya pendukung dan bukan acuan tunggal, harus di padukan dengan analisa pendukung lainnya.
2.    Selalu menunggu harga close candle.

 

Andreas DP/kampungmart.com
081391878599

COMMENTS (0)

    Leave a reply

    Name*
    Email*
    Foto Anda*

    Your email address will not be published. Required fields are marked *

    Your Comment*